Kepala Bapenda Kota Serang, W Hari Pamungkas, saat sidak Tapping Box di Timezone, Mall of Serang, Jumat (14/5/2023).

SERANG, BANTENINTENS.CO.ID – Lima tempat usaha yang berada di Mall of Serang (MoS), kedapatan mematikan Tapping Box yang telah dipasang oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Serang.

Hal itu terungkap, saat Bapenda Kota Serang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Mall of Serang (MoS), Jumat (14/4/2023) malam.

Kepala Bapenda Kota Serang, W Hari Pamungkas mengatakan, pihaknya melakukan sidak terhadap lima tempat usaha yang telah mematikan Tapping Box.

“Ada lima, Cinepolis, Timezone, Ichiban Sushi, A&W, Imperial Kitchen & Dimsum,” katanya saat ditemui di MoS, Jumat (14/4).

Hari menjelaskan, untuk bioskop Cinepolis data terakhir yang terkoneksi ke Bapenda Kota Serang yakni pada 5 April 2022 lalu.

“Data tidak terinput dikomputer, mengakibatkan data tidak auto konek ke server utama,” ujarnya.

Kata dia, sejak Tapping Box Cinepolis dimatikan pihaknya sudah beberapa kali melakukan konfirmasi melalui pengiriman surat, email dan menghubungi pihak IT Cinepolis.

Meskipun sudah banyak melakukan pendekatan persuasif, pihaknya tidak mendapatkan respon dari pihak Cinepolis.

“Sudah dilakukan pengiriman surat email dan pemanggilan ke tenaga IT sudah dilakukan melalui email tetapi tidak direspon,” ucapnya.

Menurutnya, Bapenda Kota Serang terakhir mengirimkan email ke pihak Cinepolis bulan Februari 2023 yang lalu.

“Terakhir pengiriman email dilakukan februari yang lalu,” tuturnya.

Meskipun pihak Cinepolis tidak melakukan update data melalui Tipping Box, kata dia, tetapi Cinepolis tetap mencatatkan secara manual.

“Data terakhir belum diupdate ke tipping bok, Masih laporan manual tidak bisa dicek secara sistem. Pajaknya jalan terus rutin, cuma secara sistem belum update,” katanya.

Sementara itu, untuk tempat hiburan Timezone beralasan matinya Tipping Box dikarenakan server Timezone sedang mengalami permasalahan teknis dan belum melakukan update data Tipping Box sejak 1 April 2023.

“Sistem penjualan belum ada update, Server drop. Tetapi mereka membayar pajak dengan semestinya,” ujarnya.

Sementara itu, Steker Listrik Tapping Box Ichiban Sushi saat dicek dilokasi dalam kondisi tercabut. Selain itu, pihak Ichiban beralasan bahwa koneksi internet Ichiban sedang bermasalah.

“Bermasalah di koneksi internet dan colokan dicabut secara tidak sengaja. Tapping Box nya terputus sejak 3 April 2022,” katanya.

Ia juga mengatakan, untuk Tapping Box resto A&W tidak terhubung dengan aliran listrik karena digunakan oleh staf untuk mengisi daya handphone.

“Aliran listrik terputus, alasan pihak A&W dikarenakan stop kontak listrik digunakan untuk mengisi daya Handphone,” tuturnya.

Sementara itu, Tapping Box restoran Imperial Kitchen & Dimsum bermasalah karena pihak resto melakukan mantinance printer. Akan tetapi, tanpa disengaja oleh IT restoran Imperial Kitchen & Dimsum telah memutus koneksi Tapping box.

“Merubah setting printen berpengaruh kepada server dan koneksi,” tandasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini