SERANG, BANTENINTENS.CO.ID – Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten, telah mempersiapkan penukaran uang baru senilai Rp2,8 triliun dalam rangka menjelang Natal 2023, Tahun Baru dan Pemilu 2024 mendatang.

Kepala KPw BI Banten, Imaduddin Sahabat mengatakan, bahwasannya perbankan tengah mempersiapkan kebutuhan pada saat Nataru termasuk juga Pemilu 2024. 

“Kita naik sekitar 6 persen dari tahun lalu sebesar Rp 2,5 T untuk Nataru, saat ini sekitar Rp 2,8 T yang kita siapkan untuk Nataru dan Pemilu 2024 untuk penukaran uang baru,” ujarnya, saat acara Pasar Lingkungan di Kota Serang, Jumat (24/11/2023). 

Menurut Imaduddin Sahabat, pada prinsipnya nanti libur panjang banyak yang membutuhkan uang baru, dan BI Banten sudah siap mendistribusikan. 

“Kita juga sudah koordinasi dengan perbankan, agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan uang baru,” katanya. 

Terlebih, kata dia, di Pemilu 2024 juga ada yang membutuhkan penukaran uang, tapi tidak terlalu siginifikan. 

“Tapi memang ada beberapa yang sudah melakukan penukaran pecahan uang baru, tidak terlalu besar. Kita senang ada yang menukar uang baru, berarti kan ini membantu Bank Indonesia,” ucapnya. 

Diakhir wawancara, Imaduddin Sahabat menjelaskan, untuk nilai penukaran uang baru telah disiapkan Rp10-100 juta, untuk semua pecahan uangnya.

Sedangkan, sambungnya, untuk saat ini yang paling besar pecahan uang baru Rp 1.000, sudah sekitar 20 persen, dan untuk lainnya masih relatif rendah. 

“Saya kira tadi adanya peningkatan dari tahun lalu sekitar 6 persen, tapi apakah itu terkait dengan Pemilu 2024 atau dengan ekonomi kita yang tumbuh. Tapi kami lihat, meskipun ada Pemilu 2024 sejauh ini masih normal,” tegasnya. 

“Di Pemilu 2024, kebutuhan pecahan untuk uang baru saat ini tidak begitu siginifikan. Karena memang kebanyak kebutuhan uang baru itu lebih banyak perbankan yang buka secara individu,” sambungnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini