TANGSEL, BANTENINTENS.CO.ID – Pada pagelaran Karya Kreatif Banten (KKB) dan Digiwara Fun Fest 2024, Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia BI Provinsi Banten menargetkan transaksi penjualan di acara tersebut mencapai Rp13 miliar, transaksi tersebut meningkat sebesar Rp5 miliar dari target tahun lalu Rp8 miliar.

Agenda yang menampilkan 85 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terbaik di Banten ini digelar selama lima hari mulai tanggal 5-9 Juni di Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang Selatan.

Kepala KPw BI Provinsi Banten, Ameriza M Moesa mengatakan, transaksi tersebut dihitung dari bisnis matching dan penjualan UMKM selama lima hari, antara para UMKM yang hadir dengan para buyer atau pembeli.

“Kalau misalnya ada komitmen beli produk dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten misalnya dengan salah satu UMKM disini itu masuk dalam hitungan transaksi KKB 2024,” kata Ameriza.

Untuk kegiatan pada hari pertama, Ameriza bilang sudah ada beberapa oucome atau bisnis matching yang terjadi, diantaranya PHRI Banten yang ingin memenuhi kebutuhan hotel dan restoran.

“Mereka juga membutuhkan peralatan dan perlengkapan untuk akomodasi hotel dan restoran seperti aksesoris hingga sprei bantal, sehingga terjadilah matching,” tutur Ameriza.

Selain itu, event KKB 2024 juga menjadi ajang untuk meningkatkan digitalisasi para pelaku UMKM, termasuk persiapan menjelang Karya Kreatif Indonesia (KKI) pada Agustus 2024.

“85 UMKM ini menjadi yang terbaik dari 500 UMKM yang ada di Banten, dan diharapkan mereka mampu naik kelas dan bisa ekspor, sejauh ini baru sekitar 10 persen UMKM yang bisa melakukan ekspor dan didominasi oleh kelas makanan,” ujarnya.

Selain itu, ajang Digiwara Fest menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan transaksi digital di kabupaten dan kota di Provinsi Banten, dengan menghadirkan layanan keuangan perbankan maupun non perbankan.

“Diantaranya terjadi bisnis matching antata Pemprov Banten dengan Bank Banten dan Pemerintah Tangerang Selatan dengan Bank BJB,” ucap Ameriza. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini